Belajar Ekonomi Syariah di UK

Persiapan pelamar

Calon mahasiswa program master Islamic banking/finance secara umum harus memiliki ijasah Strata satu (S1) dari perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan bagi pelamar yang telah mempunyai ijasah master (S2) untuk mengambil kembali master bidang studi syariah di Inggris.

Dokumen lain yang harus dipenuhi adalah nilai bahasa Inggris dari test international IELTS atau international TOEFL. Secara umum universitas-universitas di Inggris mensyaratkan nilai IELTS di atas 6.5 atau TOEFL antara 550-600. Kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dari seorang calon mahasiswa akan membantunya dalam memahami materi kuliah yang disampaikan, diskusi dengan pembimbing/dosen, maupun ketika menulis thesis/disertasi di akhir masa studi.

Persiapan lain khususnya di luar akademik adalah dana kuliah. Secara umum semua universitas di Inggris mempunyai skema beasiswa namun demikian jumlah calon mahasiswa yang akan dibiayai umumnya terbatas sedangkan pelamarnya datang dari seluruh dunia sehingga membuat kompetisi untuk mendapatkannya menjadi sangat ketat. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai dukungun dana sendiri (self funding) tentunya hal ini bukan menjadi kendala.

Persiapan terakhir adalah persiapan mental/kepribadian. Program master di Inggris umumnya hanya berdurasi satu tahun akademik (dua semester) dan mempunyai dua bentuk: course based atau research based. Untuk yang course based beban kuliah dan tugas-tugas akademiknya cukup padat dengan tingkat persaingan dengan mahasiswa asing (Eropa, Asia, Afrika) cukup tinggi. Sementara itu, research based mensyaratkan latar belakang S1 yang cukup kuat karena target program adalah menghasilkan hasil penelitian (master thesis) yang berkualitas sedangkan perkualiahan sifatnya hanya untuk menunjang penelitian yang dilakukan.

Program doktoral di Inggris juga hanya berdurasi cukup singkat, antara 3-4 tahun. Berbeda dengan negara-negara lain, PhD program di Inggris berorientasi riset (research based) sehingga kemampuan, kedisiplinan dan kegigihan mahasiswa menjadi syarat dan bekal utama untuk dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, secara umum calon mahasiswa program master/PhD di Inggris harus mempunyai kemampuan akademik yang baik, mental belajar yang tinggi dan daya juang yang tinggi. Berbeda dengan calon pelamar master, pelamar PhD harus terlebih dahulu menyiapkan riset proposal sebagai salah satu bahan pertimbangan utama aplikasi PhD yang diajukan.

Apabila semua dokumen sudah tersedia, proses aplikasi umumnya harus dilakukan secara online (hampir semua universitas menyediakan fasilitas apply online).

Program Master/PhD yang ada di Inggris

Program master di bidang Islamic banking/finance/economics masih belum banyak tersedia di Universitas-universitas di Inggris, walaupun jumlah yang sekarang ada sudah merupakan yang paling banyak se-Eropa. Berikut ini universitas-universitas yang mempunyai program (kuliah) master/PhD Islamic banking/finance/economics di wilayah Inggris raya.

Durham University

Durham Center for Islamic Economics and Finance (dibawah payung School of Government & International Affairs  dan Durham University Business School) termasuk satu dari sedikit universitas di Inggris yang mempelopori program master dan PhD Islamic Finance. Ada dua program master yang ditawarkan, yaitu MSc in Islamic Finance dan MSc in Islamic Finance and Management. Tahun ajaran baru untuk program master adalah September/Oktober setiap tahunnya, sedangkan program PhD ditawarkan setiap bulan Januari dan Oktober.  Staff pengajar antara lain Prof. Rodney Wilson, Prof. Habib Ahmed dan Dr. Mehmet Asutay, nama-nama yang sudah tidak asing lagi di dunia perbankan syariah dan beberapa dosen berpengalaman lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada http://www.durham.ac.uk atau email: mehmet.asutay@durham.ac.uk.

Bangor University

Bangor Business School – Bangor University mempunyai dua program course based di bidang syariah yaitu (i) MA Islamic Banking and Finance (ii) MSc Islamic Banking and Finance. Riset PhD/MPhill program untuk topik-topik Islamic banking and finance juga memungkinkan untuk dilakukan, dibawah bimbingan Prof. Philip Molyneux, salah seorang pakar eropa di bidang ini. Awal tahun ajaran program master dan PhD disini juga mengikuti ketentuan umum di Inggris yaitu September/Oktober. Selain memiliki program akademik master/PhD bidang Islamic banking/finance, Bangor Business

School juga memiliki skim beasiswa yang disebut BBS gold scholarship dan BBS silver scholarship bagi calon mahasiswa program master degree. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.bbs.bangor.ac.uk/postgrad, email : postgradbbs@bangor.ac.uk atau telp + 44 (0)1248 382644.

Markfield Institute of Higher Education (MIHE)

MIHE adalah lembaga khusus yang didirikan oleh Islamic foundation Inggris untuk penelitian, pelatihan maupun pendidikan bidang Islamic economics/banking dan finance. Terletak di daerah Leicester, MIHE memiliki program MA Islamic banking and finance sejak tahun 2003 dan bekerja sama dengan Gloucestershire University. Selain master degree, MIHE juga menawarkan program PhD untuk riset Islamic economics/banking dan finance dengan tenaga pembimbing/pengajar antara lain Prof. Khursid Ahmad, salah seorang founding fathers Islamic economics dan Dr. Seif Tag El Din. Informasi lebih lanjut tersedia di http://www.mihe.org.uk, email register@mihe.org.uk atau telp +44(0) 1530 244922.

Reading University

Program master/PhD Islamic banking and finance di Reading University berada dibawah International Capital Market Association (ICMA Center) di Henley Business School. ICMA memiliki program MSc Investment banking and Islamic finance bekerja sama dengan INCEIF (International Centre for Education in Islamic Finance), Kuala Lumpur. Riset Islamic banking and finance di level PhD di bimbing oleh tenaga pengajar dari ICMA maupun INCEIF, Malaysia. Seperti institusi pendidikan lainnya di Inggris, ICMA memiliki skim beasiswa sampai dengan £10.000 bagi calon mahasiswa master. Informasi lengkap dapat dilihat di www.icmacentre.ac.uk, email postgrad@icmacentre.ac.uk, telp +44 (0)118 378 8239.

City University of London

Cass Business School – City University of London memiliki program executive MBA – Dubai konsentrasi Islamic finance dengan waktu kuliah di luar jam kerja (Kamis-Minggu). Program yang bekerja sama dengan Dubai Islamic Finance Program (DIFP) ini memiliki keunggulan akses di dua tempat: London (pusat keuangan dunia di eropa) dan Dubai (pusat keuangan Islam di timur tengah). Tenaga pengajar dari London dan Dubai menjadi andalan program ini untuk bersaing dengan program-program sejenis di United Kingdom. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.cass.city.ac.uk.

Lancester University

Lancester University Management School mempunyai program MSc in Money, Banking and Finance yang memiliki kuliah Islamic Economics yang di-launching tahun 2007 lalu. Riset PhD Islamic banking and finance juga memungkinkan di bawah bimbingan Dr. Marwan Izzeldin, pencetus kuliah Islamic economics. Tahun ajaran baru adalah bulan September/Oktober setiap tahunnya dan informasi tentang hal ini dapat dilihat di www.lancester.ac.uk atau email m.izzeldin@lancaster.ac.uk, telp +44 (0) 1524 594674.

Salford University

Salford Business School – University of Salford akan meluncurkan program MSc Islamic Banking and Finance berdurasi satu tahun (full time) atau tiga tahun (part time) pada bulan September 2010 dan Februari 2011 nanti. Informasi perkembangan lebih lanjut mengenai program ini dapat diketahui dari http://www.salford.ac.uk.

Kontak Professor/Dosen bidang Islamic Banking/Finance/Economics/Accounting.

Untuk melengkapi informasi di atas, khususnya bagi pelamar PhD yang membutuhkan informasi para pengajar yang dapat mensupervisi riset-riset dibidang syariah, berikut nama dosen/pembimbing PhD, lembaga tempat mengajar dan kontak email yang dapat dihubungi:

Prof. Habib Ahmed (Durham University), habib.ahmed@durham.ac.uk

Dr. Mehmet Asutay (Durham University), mehmet.asutay@durham.ac.uk

Prof. Philip Molyneux (Bangor University), p.molyneux@bangor.ac.uk

Prof. Muhammed-Shahid Ebrahim (Bangor University), m.s.ebrahim@bangor.ac.uk

Dr. Andi Molyneux (Birmingham Business School), a.w.mullineux@bham.ac.uk

Prof. Jim L. Fort (Birmingham University), j.l.ford@bham.ac.uk

Prof. John Wilson (St. Andrews School of Management), jsw7@st-andrews.ac.uk

Dr. Tavakoli (St. Andrews School of Management), mt@st-andrews.ac.uk

Dr. Marwan Izzeldin (Lancester University), m.izzeldin@lancaster.ac.uk

Dr. Mohammad Hudaib (University of Glasgow), Mohammad.Hudaib@glasgow.ac.uk

 
Informasi Beasiswa

Untuk informasi peluang beasiswa untuk kuliah di Inggris khususnya untuk pelajar Indonesia dapat dibaca di http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/beasiswa/.

Sumber: MES-UK Newsletter, Volume 1, Nomor 1 Tahun 2009, dan update terbaru (Desember 2013).

23 thoughts on “Belajar Ekonomi Syariah di UK”

  1. wah keren nih infonya. sangat membantu sekali. kebetulan nanti saya ada keinginan mengambil master ekonomi syariah di inggris

  2. Kang Rahmat: Terima kasih atas tanggapannya. Untuk info beasiswa selalu berubah setiap tahun. Universitas tertentu biasanya memberikan beasiswa internal tapi sangat kompetitif dan khususnya diperuntukkan program PhD. Bisa ditelusuri melalui website universitas bersangkutan.

  3. Assalamualaikum Wr. Wb. saya minta info tentang bagaimana cara melihat status akreditasi program yang ditawarkan? Saya menemukan program PhD Islamic Finance di UK ada yang menawarkan kuliah jarak jauh, apakah ini legal? seperti di Pebble Hills University? Mohon infonya

      1. Terimakasih infonya. Ternyata program yang saya ceritakan kerjasama antara PHU dg organisasi profesi bid Islamic Finance. Persyaratannya susah, diantaranya lulus S1, S2 Islamic finance pada Univ. Tersebut. Ngomong2 ada beasiswa yang bersedia membiayai kursus bahasa inggris sebelum masuk PhD bagi IELTS yang kurang 6.5? Jazakallh atas infonya.

  4. Coba cek beasiswa AUSAID. Setahu saya dulu mereka memberikan memberikan kursus bahasa sebelum mulai S2/S3. Untuk Inggris, setahu saya sangat jarang. Smg bermanfaat.

  5. saya berniat untuk melanjutkan pendidikan islamic finance, namun saya masih ragu apakah saya mampu mengambil s3 di UK, karena walaupun saya sudah menyelesaikan pendidikan s2, s2 saya bukan dalam bidang syariah. Mohon sarannya, apakah saya sebaiknya mengambil pendidikan s2 kembali dalam bidang islamic finance atau langsung s3 saja

  6. Irena dan Haikal,

    Studi di UK, terutama S3, biasanya tidak mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki latar belakang pendidikan yang sama dengan bidang S2/S3nya. Untuk beberapa bidang tertentu, pengalaman kerja mungkin lebih diutamakan ketimbang latar belakang pendidikan. Namun untuk lebih pastinya, sebaiknya menghubungi admission office dari program/kampus yang diminati.

      1. Alhamdulillah, kami sangat senang jika informasi ini bisa bermanfaat. Semoga anak bapak diberikan kemudahan agar bisa lanjut di bidang ekonomi syariah di UK.

  7. terima kasih banget atas infonya…
    info ini bisa menjadi penyemangat sekaligus motivasi bagi saya untuk melanjutkan program S2 Islamic finance di Ingggris…
    Karena saya nanti setelah lulus S1 berencana melanjutkan S2 di Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: